Omzet Meledak Berkat Optimasi Google Bisnisku

Sudah menggunakan google my business? Tetapi, omzet dan pengunjung masih kurang optimal? Mungkin ada yang salah dengan pengelolaannya. Karena itu, saya akan mencoba menuliskan bagaimana cara optimasi google bisnisku.

Google bisnisku atau dikenal dengan google my business merupakan produk google yang di luncurkan pada Juni 2014. Dengan tujuan membantu para pelaku usaha kecil menengah dalam mengenalkan bisnisnya secara online.

Google my business memungkinkan perusahaan untuk menampikan informasi, kontak, jam buka kantor, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan perusahaan. Dengan tujuan informasi seputar perusahaan akan mudah di temukan pada pencarian google ataupun pencarian google maps.

Ada banyak faktor yang menyebabkan belum optimalnya penggunaan google my business. Sebelum kita melakukan optimasi google bisnisku. Mari kita kenali dulu cara google menentukan peringkat lokal. Anda bisa membacanya pada artikel sebelumnya, atau link di bawah ini.

Baca juga : Cara Google Menentukan Peringkat Lokal

Saya anggap Anda sudah membaca artikel di atas, tentang bagaimana google menentukan peringkat lokal. Mari kita lanjutkan ke langkah-langkah untuk optimasi google my business.

1. Pastikan bisnis Anda sudah terverifikasi

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah pastikan bisnis Anda sudah terverifikasi google. Jika Anda belum melakukan verifikasi, saya sarankan agar Anda verifikasi terlebih dahulu sebelum melangkah lebih lanjut pada artikel ini.

Listingan yang tidak terverifikasi, akan menyebabkan listingan tidak optimal di google. Syukur-syukur kalau muncul di google. Dalam kebanyakan kasus tidak muncul pada pencarian google atau maps.

2. Melengkapi semua informasi bisnis

Setelah Anda melakukan verifikasi listingan. Jangan lupa untuk melengkapi informasi bisnis anda secara lengkap. Informasi yang lengkap akan berdampak sangat besar bagi bisnis Anda. Karena akan semakin mudah di temukan oleh google ketika pelanggan mengetikkan kata kunci terkait.

Informasi yang dapat Anda lengkapi seperti jam buka hari normal atau hari-hari tertentu. Jangan sampai pelanggan yang sudah datang jauh-jauh ke toko/kantor Anda kecewa karena tempat Anda tutup atau sedang tidak tersedia. Jangan lupa selalu update jam buka ini agar tidak mengecewakan pelanggan yang berkunjung.

Masih banyak informasi yang dapat Anda lengkapi, seperti URL janji temu, layanan, produk, atribut, tanggal bisnis di buka, foto. Optimalkan semua fungsi tersebut agar informasi bisnis Anda tidak membingungkan pelanggan.

3. Manfaatkan google post

Menurut beberapa sumber, google post yang di sediakan oleh google my business, bisa di manfaatkan sebagai mini blog layaknya sebuah blog yang memiliki konten artikel-artikel.

Baca juga : Panduan Lengkap Mendaftar Akun Google Bisnisku

Dengan fitur post ini, Anda bisa dengan mudah update artikel yang berisi informasi seputar layanan atau produk yang Anda jual. Dimana penggunaannya juga terbilang cukup mudah layaknya blog seperti biasanya.

4. Lakukan pembaruan secara berkala

Setelah Anda melewati langkah pertama sampai ketiga. Jangan lupa selalu update listingan Anda, kadang google menambah dan memperbaharui algoritma. Sehingga, Anda tetap perlu melakukan pembaharuan agar konten dan informasi tetap fresh.

Update an konten di sini bisa berupa update konten, foto, video, prodok, layanan ataupun acara yang di selenggarakan oleh bisnis Anda.

Informasi yang update dan fressh, akan membuat listingan Anda di lirik dan lebih mudah untuk di temukan google. Dan akan mempengaruhi peringkat lokal Anda.

Demikian catatan saya hari ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau halaman Kontak. Terima kasih.

Kunjungi : Jasa verifikasi google my business

Mengenal Facebook Ads untuk Promosi Bisnis

Anda pemilik bisnis lama atau baru yang ingin menjangkau pelanggan baru atau lebih banyak? Anda bisa memanfaatkan jasa iklan yang bernama facebook ads.

Perkembangan dunia digital membuat aktivitas kita menjadi lebih mudah dan praktis. Begitu juga ketika kita ingin mengenalkan bisnis. Banyak cara baru yang semula pada era industri harus membayar iklan tv dengan mahal, menyebar brosur, memasang spanduk dll.

Di era digital semua itu digantikan dengan periklanan digital, ada banyak iklan digital yang berkembang, salah satunya yang akan kita bahas disini adalah periklanan melalui atau fb ads.

Mengapa fb ads? ada banyak alasan untuk hal ini, salah satunya sangat mudah untuk digunakan dll. Simak artikel ini sampai selesai untuk mengenal lebih dalam tentang fb ads.

Apa itu Fb Ads?

Fb ads merupakan jasa periklanan yang disediakan oleh Facebook untuk memudahkan penggunanya dalam memasarkan bisnis mereka melalui fanspage.

Fb ads disajikan oleh facebook berdasarkan aktivitas pengguna, informasi demografis, penggunaan perangkat, informasi yang disediakan mitra dan aktivitas online pengguna yang lainnya.

Baca juga : Mengenalkan Bisnis dengan Google Bisnisku

Mengapa Fb Ads?

Tentu Anda yang baru mengenal, akan kebingungan kenapa jadi fb ads sebagai tempat beriklan? Berikut beberapa alasannya :

1. Ada banyak pasar

Dikutip dari halaman facebook business, ada 1,6 miliar orang di seluruh dunia yang terhubung ke bisnis kecil di facebook. Serta ada 2 milyar pengguna aktif setiap bulannya.

Dengan banyaknya pengguna tersebut, membuktikan bahwa akan memudahkan kita pemilik bisnis untuk menjangkau pasar baru atau memperluas pasar.

2. Harga kita yang mengendalikan

Alasan kedua adalah harga bisa kita kendalikan. Anda bisa memulai iklan dengan budget minimal Rp10.000 untuk 1 hari, serta tidak ada batasan maksimalnya, sehingga Anda bisa mengendalikannya sesuai dengan budget yang tersedia.

Bayangkan jika Anda harus melakukan periklanan dengan mencetak brosur, tentu akan mengeluarkan anggaran yang cukup banyak. Apalagi kalau masuk periklanan di tv, tentu harus mengeluarkan puluhan bahkan bisa ratusan juta.

3. Tertarget dan target jelas

Alasan ketiga adalah tertarget. Yang dimaksud tertarget disini adalah Anda bisa mengatur target pasar sesuai dengan model bisnis Anda.

Anda bisa mengatur mulai dari aktivitas pengguna, jenis kelamin, umur, lokasi pengguna dan demografi. Misalnya menjual pakaian wanita, tentu targetnya adalah wanita, jadi Anda bisa mengaturnya berdasarkan jenis kelamin wanita.

Sehingga, iklan yang muncul akan sesuai dengan keperluan kita. Semakin detail Anda menentukan target, tentu akan membuat iklannya semakin efektif dan maksimal.

4. Insight

Insight disini bisa dikatakan laporan dari iklan yang Anda jalankan. Anda bisa melihat laporannya secara detail, mulai dari umur, jenis kelamin, lokasi pengguna, perangkat yang digunakan, dll.

Laporan ini juga bisa menjadi salah satu acuan bagi Anda untuk menentukan apakah iklan Anda berhasil sesuai dengan target pasar Anda atau belum sesuai. Sehingga akan memudahkan Anda untuk melakukan periklanan lagi kedepannya.

5. Terintegrasi dengan instagram ads

Alasan terakhir menurut saya adalah karena bisa di integrasikan dengan instagram ads. Jadi, ketika Anda menjalankan iklan di fb ads, iklan juga bisa berjalan secara bersamaan di instagram ads.

Hal itu tentu akan menghemat anggaran Anda. Bayar 1x bisa tampil di dua sosial media besar sekaligus.

Demikian catatan saya hari ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau halaman Kontak. Terima kasih.

Mendapatkan Review Bintang 5 di Google Bisnisku

Pada zaman serba online sekarang, kepercayaan pelanggan menjadi inti dari kegiatan bisnis, apalagi bisnis online. Tanpa adanya kepercayaan pelanggan, bisnis akan hilang secara peralahan. Kepercayaan pelanggan pada bisnis online biasanya bisa di lihat dari review atau testimoni.

Pada toko online (marketplace), biasanya kita bisa menjumpai testimoni pelanggan pada halaman masing-masing produk yang dijual. Semakin banyak bintang yang di dapat juga akan semakin meningkatkan kepercayaan pelanggan sebelum mengambil langkah untuk membeli suatu produk.

Pada konsep periklanan metode AISAS, kita dapat menjumpai bagaimana tingkah pelanggan sebelum membeli produk/layanan melalui beberapa langkah, yaitu Atention – Interest – Search – Action – Share.

Huruf S terakhir merupakan singkatan dari Share, dimana share disini dapat di artikan sebagai testimoni pelanggan. Testimoni positif bisa di ibaratkan sebagai marketingnya kita kelak. Bisa dikatakan marketing secara mulut ke mulut pada dunia offline.

Begitu halnya review positif pada listingan google bisnis Anda. Semakin banyak tanggapan positif pada listingan Anda. Akan semakin menjadikan bisnis Anda lebih di percayai oleh pelanggan. Terutama yang menemukan bisnis Anda secara online.

Baca juga : Omzet Meledak Berkat Optimasi Google Bisnisku

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan testimoni positif atau bintang 4-5. Mari kita bahas satu persatu :

1. Meminta Review Kepada Orang Terdekat Secara Gratis

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah meminta testimoni kepada orang-orang terdekat, baik itu keluarga, sahabat, teman atau bahkan orang yang baru Anda jumpai.

Sembari mengenalkan bisnis kepada kerabat, Anda juga bisa meminta testimoni positif secara gratis kepada kerabat Anda.

Selain itu, jika Anda mempunyai komunitas bisnis atau bertemu sesama pebisnis, Anda bisa saling bertukar testimoni untuk sama-sama mendapatkan bintang 5 pada listingan google secara gratis.

2. Memberikan Voucher Diskon

Memberikan voucher tertentu kepada pelanggan agar mereka dengan senang hati memberikan testimoni juga bisa menjadi salah satu solusi yang bisa Anda coba.

Anda bisa jadikan review bintang 5 sebagai voucher diskon, misal bisnis Anda coffe shope, Anda bisa memberikan potongan diskon 20% atau sekian persen bagi pelanggan yang memberikan bintang 5.

Bukti bintang 5 ini menjadi syarat pengambilan diskon pada saat pembayaran di kasir. Bahkan, saya sempat beberapa kali menjumpai hal ini saat pembukaan tempat makan baru.

3. Menggunakan Jasa Review Google Bisnis

Untuk menggunakan jasa ini, Anda harus mengeluarkan uang sekian rupiah pada setiap testimoninya. Cukup banyak agency atau perorangan yang menjual jasa ini.

Biasanya Anda akan di minta membayar sekitar Rp10.000 untuk setiap bintang 4-5 nya. Atau juga ada beberapa yang menawarkan paket tertentu untuk 5 atau 10 testimoni yang di dapat.

Untuk menggunakan jasa tersebut, Anda juga bisa menghubungi saya melalui Jasa verifikasi google bisnisku.

Demikian catatan saya hari ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau halaman Kontak. Terima kasih.