Omzet Meledak Berkat Optimasi Google Bisnisku

Sudah menggunakan google my business? Tetapi, omzet dan pengunjung masih kurang optimal? Mungkin ada yang salah dengan pengelolaannya. Karena itu, saya akan mencoba menuliskan bagaimana cara optimasi google bisnisku.

Google bisnisku atau dikenal dengan google my business merupakan produk google yang di luncurkan pada Juni 2014. Dengan tujuan membantu para pelaku usaha kecil menengah dalam mengenalkan bisnisnya secara online.

Google my business memungkinkan perusahaan untuk menampikan informasi, kontak, jam buka kantor, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan perusahaan. Dengan tujuan informasi seputar perusahaan akan mudah di temukan pada pencarian google ataupun pencarian google maps.

Ada banyak faktor yang menyebabkan belum optimalnya penggunaan google my business. Sebelum kita melakukan optimasi google bisnisku. Mari kita kenali dulu cara google menentukan peringkat lokal. Anda bisa membacanya pada artikel sebelumnya, atau link di bawah ini.

Baca juga : Cara Google Menentukan Peringkat Lokal

Saya anggap Anda sudah membaca artikel di atas, tentang bagaimana google menentukan peringkat lokal. Mari kita lanjutkan ke langkah-langkah untuk optimasi google my business.

1. Pastikan bisnis Anda sudah terverifikasi

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah pastikan bisnis Anda sudah terverifikasi google. Jika Anda belum melakukan verifikasi, saya sarankan agar Anda verifikasi terlebih dahulu sebelum melangkah lebih lanjut pada artikel ini.

Listingan yang tidak terverifikasi, akan menyebabkan listingan tidak optimal di google. Syukur-syukur kalau muncul di google. Dalam kebanyakan kasus tidak muncul pada pencarian google atau maps.

2. Melengkapi semua informasi bisnis

Setelah Anda melakukan verifikasi listingan. Jangan lupa untuk melengkapi informasi bisnis anda secara lengkap. Informasi yang lengkap akan berdampak sangat besar bagi bisnis Anda. Karena akan semakin mudah di temukan oleh google ketika pelanggan mengetikkan kata kunci terkait.

Informasi yang dapat Anda lengkapi seperti jam buka hari normal atau hari-hari tertentu. Jangan sampai pelanggan yang sudah datang jauh-jauh ke toko/kantor Anda kecewa karena tempat Anda tutup atau sedang tidak tersedia. Jangan lupa selalu update jam buka ini agar tidak mengecewakan pelanggan yang berkunjung.

Masih banyak informasi yang dapat Anda lengkapi, seperti URL janji temu, layanan, produk, atribut, tanggal bisnis di buka, foto. Optimalkan semua fungsi tersebut agar informasi bisnis Anda tidak membingungkan pelanggan.

3. Manfaatkan google post

Menurut beberapa sumber, google post yang di sediakan oleh google my business, bisa di manfaatkan sebagai mini blog layaknya sebuah blog yang memiliki konten artikel-artikel.

Baca juga : Panduan Lengkap Mendaftar Akun Google Bisnisku

Dengan fitur post ini, Anda bisa dengan mudah update artikel yang berisi informasi seputar layanan atau produk yang Anda jual. Dimana penggunaannya juga terbilang cukup mudah layaknya blog seperti biasanya.

4. Lakukan pembaruan secara berkala

Setelah Anda melewati langkah pertama sampai ketiga. Jangan lupa selalu update listingan Anda, kadang google menambah dan memperbaharui algoritma. Sehingga, Anda tetap perlu melakukan pembaharuan agar konten dan informasi tetap fresh.

Update an konten di sini bisa berupa update konten, foto, video, prodok, layanan ataupun acara yang di selenggarakan oleh bisnis Anda.

Informasi yang update dan fressh, akan membuat listingan Anda di lirik dan lebih mudah untuk di temukan google. Dan akan mempengaruhi peringkat lokal Anda.

Demikian catatan saya hari ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi saya pribadi dan bagi pembaca. Jika ada kritik dan saran, mohon bisa disampaikan pada kolom komentar atau halaman Kontak. Terima kasih.

Kunjungi : Jasa verifikasi google my business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *